6.10.12

Six-Sided to The Titany [part 1]

Saat itu, hari kedua MOPDB kalo nggak salah, display ekstrakulikuler.  Aku biasa saja, nggak ada yang bikin aku excited banget, paling cuma membuat aku berujar “wah..”, “oh..”, dan gumaman biasa.  Sempet sih excited pas basket tampil, sampai aku beraniin diri maju ke lapangan buat shooting. Sisanya yaa biasa aja.. 

Sampai satu waktu dimana KIR tampil.  Yang pertama aku ucapin,

“Hei! Itu saudaraku loh!”

Dengan bangganya aku melihat sepupuku display, yaa.. agak aneh sih, em, dia emang aneh hehehe... tapi aku still not very exited.  Ketika dibagikan selebaran, dan aku baca.  Oh, ini tentang KIR, dan mataku tertuju pada satu tulisan,

DIVISI KOMPUTER

Demi Apa?! Wah, kukira KIR cuma yang gitu gitu aja, eksperimen doang gitu...
Tapi, waktu liat tulisan itu, aku langsung bertekad masuk divisi komputer. HARUS. Dan mulai dari situlah aku mulai sangat sangat excited!

****


Tibalah hari itu, Simulasi Divisi.  Otomatis aku dateng, dan langsung duduk paling depan dengan semangatnya.  Ga sabar nunggu Divisi Komputer tampil.  Saat divkom tampil, Cuma ngebahas photoshop dikit, dan aku jadi galau masuk divisi apa. Entahlah...  Harapanku Cuma, dengan masuk KIR, dan masuk divkom, aku bisa belajar banyak tentang komputer dan pemrogramannya.

****

Regenerasi (satu) ...

Nggak nyangka, KIR ternyata ada regennya juga.  Saat itu aku masih biasa aja, belum bingung dan riweuh mau kumpul pagi apa.

Dan, dengan sangat menyesal, aku nggak ikut regen KIR, gabut, cabut ke kumpul pagi di sebrangnya, you know what lah... karena saat itu aku lagi excited banget sama yang di sebrang kumpul pagi KIR.  Dan aku meninggalkan semuanya kecuali satu itu.  Maaf.

Tugasnya banyak.  Oke, ini Smansa, beda sama sekolah lain, ga mudah masuk organisasi atau semi-organisasi di Smansa.  Finally, tugas regen KIR yang aku kerjain, em, ga nyampe setengahnya kayanya, maaf nambahin banyak seri waktu dulu, maaf...  saat itu aku masih belum ngerti apapun,  dan emang aku akui, aku agak nggak peduli sama kumpul KIR.  Dan aku sama sekali nggak tau siapa aja temen seangkatan aku yang masuk KIR, kecuali yang emang dulu satu SMP sama aku.

Seingetku, aku dateng cuma pas kumpul pembukaan SIMAK 2011, kumpul pagi 2 kali doang kayanya dan ga pernah izin (oke, ini parah), kumpul staffing, kumpul pas bikin harapan kesan pesan yang dibikin bentuk kaya sarang lebah itu, sama bikin ID pertama kali.  Bahkan aku gatau ada yang namanya CKD CKD-an.  ID K3 saat itu pun aku cuma nyamper kelas X3 bentar, trus pergi lagi.  gaikut ORBIT karena barengan sama yang satu lagi. Parah banget lah saat itu. Aku hanya fokus sama 1 organisasi yang lain, maaf...

Dan, dengan sikap yang SKSD dan sok asik, aku dateng ke ruangan MUSANG 2011 yang saat itu diadakan setelah BLDK OSIS.  Aku yang belum mandi sosoan dateng ke situ, dan ikutan nge-“bully” K3.  Setelah dipikir, sekarang aku ngerasa, ih gatau diri banget sih, ga ikut regen, ga ngerjain tugas, gabut banget, eh dateng MUSANG langsung ikut ikutan ngebully.  Merasa bersalah.  SANGAT!

Sampai saat sertijab, aku datang.  Di aula.  Dan ya.. masih dengan sikap sok asik, padahal aku nggak kenal siapa aja yang ada disana.  Bener deh.  Cuma beberapa aja yang emang perlu untuk dikenal.  Pembacaan staffing, janji dan sumpah pengurus, and then... here we are,


KIR HEKSAGON 2011-2012

****

Setahun masa kepengurusan, ga pernah ngerasain kumpul divisi, gatau proker divisi, gatau apa-apa deh tentang KIR.  Tapi, di akhir kepengurusan, aku merasa mereka semua lebih berarti.  Entahlah, karena mereka, pengurus KIR MB dan RE, aku sangat nyaman di KIR, sangat...

Aku sering membandingkan kekeluargaan di KIR dengan ‘tempat lain’, tapi kata seseorang,


“... kekeluargaan ga bisa terasa kalau kita mengandalkan beberapa indra, tapi semua harus merasakan 5 panca indera + 1 panca indera yang diberikan lebih kepada kita yaitu akal.  Akal membantu kita agar perasaan itu bisa kita kendalikan.
Maaf, tapi aku gak mau ada perbandingan. Ya terkadang memang dibutuhkan.  Karena apabila dibandingkan pasti ada yang sakit.  Jadi coba rubah apa yang ingin kamu rasakan di *menyebutkan sesuatu*... “

Ya, itu ada di buku regen biru, buku regen HEKSAGON.  Dan tiap aku lagi ngebandingin satu tempat dengan tempat lain, aku inget kata kata diatas, dan aku mulai mencoba  membuang semua prasangka prasangka.  Meski kadang selalu datang lagi.

Smansa Science Party.

Di beberapa postingan sebelumnya, aku pernah kan cerita tentang itu? Dan mulai dari saat itulah aku sedikit demi sedikit mengenal siapa aja sih, orang-orang yang selama setahun kemaren (harusnya) kerja bareng sama aku.  Ini beneran, aku nggak tau semua orang yang ada di KIR, aku Cuma tau orang-orang yang emang biasa terlihat.  Aku parah banget deh dulu.

Dan, saat itu, aku bener-bener pengen ngeberhentiin waktu.  Aku gamau kebersamaan bareng HEKSAGON hilang...

****

Tidak terasa, penerimaan siswa baru, tes masuk siswa baru, UAS genap, kenaikan kelas, berlalu gitu aja.  MOPDB.  Ah, sebentar lagi...

Aku mulai bertekad membayar semua keparahan saat regen dulu.  Aku mulai peduli, mulai sadar bahwa aku harus pintar membagi diri, sadar bahwa aku nggak boleh hanya fokus di satu saja, sadar bahwa aku punya 3 tempat yang nggak boleh aku lupakan semuanya.


Dulu, sepupuku yang tampil display, tapi sekarang aku.
Dulu, aku yang nonton simdiv, tapi sekarang aku di depan yang ngasih simdiv.
Dulu, aku yang Dikoordinir dalam hal buku, ID, dan tugas-tugas, tapi sekarang aku yang HARUS MENGkoordinir adik-adikku.

Aku tidak sendiri. Itu pasti.  Aku punya mereka, temanteman seangkatan yang masih peduli sama KIR seperti aku.  Aku benar benar berusaha menebus semua yang aku lakukan dulu.  Aku gamau ga kenal sama temen seangkatan sendiri.  Aku mulai ajak ngobrol, aku tanya-tanyain, pokonya aku mulai berusaha mengenal mereka (lagi).  Ditambah adik-adik kelasku yang baru...


“Titip KIR, jaga adik kelasnya ya”

Kata kata itu, selalu aku dapatkan.  Dan aku pernah berpikir, aku gamau punya ade kelas. Gamau. Keegoisanku berkata,

Aku, hanya tak ingin tergantikan...
****
bersambung ke part 2...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar