10.3.12

2 dari 10 sifat utama manusia

saat pulang dari mentoring .. aku dan salsa ngobrol panjang lebar di sebuah tempat makan .. dan aku menyimpulkan 1 quote yang keluar dari mulut salsa ..

"mungkin kita dikenalkan dulu supaya nantinya kita ga buta za .. dan sekarang kita ga buta kan ?"

dan nyampe rumah , aku masih lemes , saat itu malem malem , ada d'Massive concert yang berawal dari narasi seperti ini ..

"cinta membuat 2 hati bersatu .. cinta membuat .."

anza : "cinta bikin bete !"
mama : "hahaha , kalo cinta yang seperti itu belum dewasa mbak.. "

and everything she said .. sampe akhirnya mama menyodorkan sebuah halaman buku yang diminta agar aku membacanya .. begini isinya ..


Ketiga, Cinta dan Benci karena Allah swt .. 
Mereka (kekasih Allah) mencintai seseorang karena kedekatannya dengan Allah, mereka juga membenci karena kedurhakaannya terhadap Allah, Allah berfirman, 
"Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah)" -QS. Al-Ma'idah [5]: 55- 
Dengan demikian, para kekasih Allah tidak mencintai seseorang karena keturunannya, kedudukan, atau kekayaan yang dimiliki.  Mereka juga tidak mencintainya karena satu tujuan dalam perjalanan, kepentingan yang sama atau hidup dibawah satu atap. 
Firman Allah, "Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertaqwa" -QS. Az-Zukhruf [43] : 67-

dan aku hanya memebaca sekilas penjelasan berikutnya .. ketika aku buka 4 lembar dari halaman tersebut, aku terpaku melihat judulnya .. lantas kubaca isinya ..

Kedelapan, Cinta Kebersamaan dan Benci Perpecahan, berusaha untuk mencari titik temu dan menjauhi perbedaan yang mengarah pada perpecahan. 
Beberapa daerah yang umatnya sudah terpecah belah dalam memahami persoalan agama tidak termasuk bagian dari agama Allah subhanahu wata'ala.  Cukuplah umat ini berpecah belah jangan diperparah lagi dengan perpecahan yang lain. 
Seseorang yang menjadi kekasih Allah akan senantiasa menumpahkan perhatiannya untuk merajut kembali perpecahan yang terjadi di tengah-tengah umat Islam dengan tanpa membedakan latar belakang mereka, baik yang mempunyai pemahaman yang sama atau yang berbeda pendapat dengannya.  Sehingga pada akhirnya kita akan melihat umat Islam menjadi satu dan saling menopang antar satu dengan yang lainnya, menerima kebenaran dan menolak segala sesuatu yang bersebrangan dengan syari'at.  Golongan ahlus sunnah wal jama'ah inilah yang senantiasa menjaga kebersamaan dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kebersamaan tersebut. 
Abu Utsman Ash-Shabuni dan Ibnu Bathuthah Al-Hambali berkata, "ahlul bid'ah adalah mereka yang menentang dengan pemerintahan yang sah dan termasuk tanda-tanda ahlul bid'ah adalah mereka yang senang dengan perpecahan dan tidak suka kebersamaan." Hal seperti ini amat berbeda sekali dengan para kekasih Allah atau golongan ahlus sunnah wal jama'ah.

embun mataku menetes .. teringat lagi akan pembicaraan itu .. ya Allah , semoga ini cepat berakhir dan kembali seperti semula , ya Allah lindungi kami dari segala macam bentuk perpecahan yang menghadang ..  SEMANGAT KELUARGAKU :DD

salam,
anisanza

2 komentar:

  1. Semangat anisaa.. oiya, kalau lewat blog kan lama. punya akun jaringan soaial? twitter, fb, email?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe , punyaaa , cek aja di 'Contact Me !' hehehe :DD

      Hapus